Metode yang digunakan dalam pengukuran kepuasan mahaiswa ini adalah metode survey melalui penyebaran kuisioner secara online. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan Aspek Tangibles (sarana pendidikan, alat perkuliahan media pembelajaran dan prasarana pendidikan), Aspek Realibility (kehandalan dosen), aspek responsiveness (sikap tanggap), Aspek assurance (perlakuan pada mahasiswa), Aspek Empaty yang mana diturunkan menjadi 5 kategori, yaitu:
1. Role Prodi dan Capaian Pembelajaran
2. Materi Perkuliahan
3. Keandalan Dosen
4. Fasilitas
5. Pelayanan
Alat ukur yang digunakan dalam survei ini berupa skala untuk mengukur seberapa puas (tingkat kepuasan) mahasiswa. Sistem penilaian Skala menggunakan Skala Likert dengan 5 alternatif pilihan jawaban, yang bergerak dari angka 1 (sangat kurang) sampai dengan 5 (sangat baik) dengan pendefinisian sebagai berikut:
• “Sangat Kurang” (1),
• “Kurang” (2),
• “Cukup/Enough” (3),
• ”Baik/Good” (4)
• “Sangat Baik” (5).